Sikap




Sejak manusia dilahirkan, ia kan mengalami pertumbuhan jasmani yang signifikan seiring berjalannya waktu... hari lepas hari... tahun berganti tahun, kecuali ada hal khusus lainnya. Meskipun perkembangan teknologi semakin maju, begitu banyak produk kesehatan dan kecantikan yang mempromosikan mencegah atau menunda penuaan dini. Sayangnya, menjadi tua tidak akan terhindarkan. Tampak muda bukan berarti benar-benar dalam keadaan muda. Faktanya... usia kian bertambah dari masa hidup yang berkurang.


Satu hal yang sempat membuat kita tersenyum simpul... bertambahnya usia seseorang belum jaminan ia seorang pribadi yang dewasa. Pernah ga... menjumpai seseorang yang usianya mungkin bisa dikatakan lebih tua, namun pola pikir atau tindakannya mencerminkan kekanak-kanakan dalam mengambil tindakan... atau mengenal seseorang yang mungkin masih belia umurnya, tapi cukup dikatakan dewasa dalam berpikir serta pengambilan keputusan bertanggung jawab atas kehidupan yang dijalaninya?


Terlepas siapa diri kita... berada dalam “zona nyaman” atau sebaliknya... menjadi pribadi yang dewasa dalam berpikir dan mengambil suatu keputusan yang bijak merupakan sebuah pilihan. Pernahkah mendengar atau membaca untaian kalimat “life is 1% happens and 99% how you respond”. Kurang lebih bisa diartikan sebagai berikut; hidup merupakan 1% apa yang terjadi (peristiwa) dan 99% bagaimana engkau meresponnya.


Setiap saat... kita menghadapi kejadian-kejadian yang mungkin tak secara langsung “menuntut” kita untuk menentukan sikap. Tergantung bagaimana cara pandang kita memandang suatu peristiwa, sekecil apapun itu. Karena, sikap kita menentukan apa yang terjadi selanjutnya. Melalui pengalaman hidup, kita belajar mengenai sikap. Menambah, mengurangi bahkan memodifikasi... dan lambat laun akhirnya terbiasa bagaimana kita menyikapi suatu peristiwa sesuai bingkai sikap yang tanpa kita sadari sudah lama terbentuk. Bagaimana sikap kita dalam situasi terburuk? Bagaimana sikap kita dalam situasi terbaik? Apakah kita memilih menyikapinya dengan tepat dan bijak atau sebaliknya? Karena... sikap adalah pilihan yang engkau pilih secara terus-menerus (Tyler, 2018: xvii)

Gambar: Photo by Rod Long on Unsplash


Postingan populer dari blog ini

Persimpangan Jalan

Roda Kehidupan

Secercah Harapan