Lelah




Penat...?Merasa buntu...? Tampak tiada harapan...? Mungkin itu yang seringkali dirasakan oleh manusia di muka bumi. Pelbagai masalah dihadapi dengan segala kerumitannya... ekonomi, sosial, kesehatan dan sebagainya.


Lelah berjuang untuk memperjuangkan sesuatu yang ingin diperjuangkan. Kepala dipenuhi bermacam-macam pertanyaan yang kita sendiri tiada tahu jawabnya... Sampai kapan aku harus bertahan? Kapan ini semua akan berakhir? Kapan ada titik terang? Kapan kutemui jalan keluar, hingga ku bisa bernapas dengan lega? Kapan... Kapan... dan Kapan. Jika lelah raga... akan hilang selepas tidur. Namun, jika lelah pikiran dan jiwa... mau dibawa kemana? Untuk melampiaskan semua keletihan.


Tenaaaaaaaaaang....! Kamu ga sendiri! Apapun masalah yang kamu hadapi, kamu dan saya bisa bangkit kembali... muncul ke permukaan dari lautan kepenatan. Hidup tak akan seru tanpa “berjuang” dan “bertahan”. Setiap orang punya masalah. Dan seringkali, tanpa disadari permasalahan yang kita hadapi sudah dirasa sangat berat. Padahal, jauh dan banyak diluar sana... ada orang yang punya masalah lebih berat dari kita.


Jangan enggan untuk curhat. Jangan malu untuk menangis. Rehatkan sejenak dirimu... menetralkan semua pikiran. Jiwa ragamu layak mendapatkannya. Tenangkan dirimu agar ga salah melangkah dalam menghadapi kepenatan.


Ketika dilanda kelelahan, keletihan, kejenuhan, kebosanan dan kepenatan... tak perlu ditanggung sendiri. Meskipun setiap pribadi punya porsi kekuatan yang berbeda-beda untuk mengatasinya, ada kebutuhan yang sama... yaitu memiliki teman. Sedikit atau banyak teman yang dimiliki... asalkan bisa dipercaya dan memberi pengaruh yang positif untuk membangkitkan semangat... itu lebih dari cukup untukmu bangkit dan tertawa lagi.


Walaupun... mungkin teman kita belum memiliki solusi yang tepat, setidaknya kamu punya teman untuk mendengarkan keluhan kepenatanmu. Dan itu akan sangat melegakan... Teman bicara bisa dari anggota keluarga sendiri... bisa jadi dari lingkungan tempat kita sekolah/bekerja/bergaul atau tokoh agama.


Satu hal yang penting, ketika mengalami kelelahan dalam hidup... tilik kembali berkat dan rahmat Tuhan yang udah kita rasakan... contoh kecil dan sederhana... ketika mentari pagi menyinari hari... kita bisa membuka mata, bernapas ringan, serta bangun untuk memulai aktifitas dengan lancar. Sehingga ucapan syukur itupun masih tetap ada. Burung di udara, Dia pelihara... Bunga dipadang, Dia Hiasi... Apalagi kita umatNya. Datang dan mohon pimpinanNYa... Dia kan memberimu kekuatan, kelegaan dan kelepasan dari kepenatan.


Topic Lainnya:
untaiankatahariini.blogspot.com/2017/11/kotak-kosong.html

SumberGambar: Photo by Luis Villasmil on Unsplash

Postingan populer dari blog ini

Persimpangan Jalan

Roda Kehidupan

Secercah Harapan