Semangat



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata semangat diartikan roh kehidupan yang menjiwai segala makhluk hidup; seluruh kehidupan manusia; kekuatan (kegembiraan, gairah) batin; kemauan atau gairah untuk bekerja, berjuang.


Seringkali, kita sebagai manusia ga mampu memahami apa yang terjadi sesungguhnya disekililing kita dalam kehidupan ini. Apa... Mengapa... dan Bagaimana... kata-kata itu kadang berkecamuk dalam pikiran. Mencoba mencari jawaban dan solusi. Hidup penuh teka-teki dengan perubahan dan menuntut penyesuaian keadaan.


Memang ga mudah... menghadapi kenyataan hidup akhir-akhir ini. Semua menghadapi kesulitan. Masing-masing kita memutar otak untuk tetap bertahan. Tanpa memandang siapa dan apa jabatan kita, serta bidang apa yang kita kerjakan... Semuanya berjuang untuk bertahan... berusaha memenangkan suatu pertandingan. Penat... tak jarang pikiran buntu menerpa. Jika tak kuasa, diri bisa menjadi gila. Melelahkan bukan?!


Jika pikiran dan hati tertuju pada titik masalah... Tak akan ada bahagia, yang ada hanya kekalutan semata. Menggoyahkan jiwa... meremukkan tulang. Apakah itu yang diharapkan? Mari kita yakini kalo di setiap hujan badai... kan ada pelangi. Di setiap masalah... kan ada titik terang... jalan keluar yang penuh harapan.


Ketika kehidupan sosial berjalan normal... kebanyakan manusia menjadi individualis dan rasa peduli terkikis. Tapi, ketika kehidupan sosial diharuskan ada jarak dalam berinteraksi... sisi kemanusiaan manusia semakin terlihat ditengah permasalahan yang menyulitkan banyak pihak. Satu manusia dengan yang lainnya saling bahu-membahu memberi pertolongan. Bergandengan tangan memberi kekuatan. Yang lemah dikuatkan... yang lelah diberi dukungan. Kepedulian antar sesama nyata dimana-mana...


Jangan terpaku pada titik hitam masalah... Namun, lihatlah dari sudut pandang yang berbeda. Apapun yang sedang kita hadapi, alami, dan perjuangkan saat ini... Kita butuh SEMANGAT untuk menggapai secercah harapan. Mari... Semangat untuk hidup... Semangat untuk bertahan... Semangat untuk tetap berpikir positif untuk hari esok lebih baik. Saling dukung satu sama lain untuk memberi semangat. Ingat... hati yang gembira adalah obat yang manjur, tapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Tetaplah optimis dan semangat senantiasa!!!




another topic:
https://untaiankatahariini.blogspot.com/2019/09/setiapmanusia-memiliki-hak-untuk-hidup.html

wallpaper source:
Photo by Ben White on Unsplash

Postingan populer dari blog ini

Persimpangan Jalan

Roda Kehidupan

Secercah Harapan